UKM Pramuka UMI Buka Pendaftaran PETARA ke-XIII

Penulis : Wardah

Makassar, Cakrawalaide.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Muslim Indonesia (UMI) akan melaksanakan Penerimaan Tamu Racana (Petara) ke-XIII.

Kegiatan ini merupakan proses perekrutan untuk bergabung sebagai anggota Racana Pramuka UMI.

Menurut Isnan selaku Ketua Panitia, sejak dilakukannya sosialisasi mengenai dibukanya pendaftaran, hingga saat ini terhitung sudah ada 15 orang mendaftar, dari kuota pendaftar yang ditargetkan, yakni 30 orang peserta.

“Batas pendaftaran berakhir 11 Februari, pukul 17.00 Wita. Untuk pengambilan formulir bisa langsung ke Sanggar Bakti UKM Pramuka UMI dan juga bisa melalui pendaftaran online dengan link pendaftaran: http://bit.ly/formpetaraxiii ,” ujar Isnan.

Nantinya agenda perekrutan tersebut, terdiri dari kegiatan indoor, mulai dari 22 hingga 23 Februari 2020, di lingkungan kampus II UMI. Kemudian ada kegiatan outdoor, sejak 28 Februari sampai 1 Maret 2020, dilangsungkan di Bumi Perkemahan Ta’deang, Kabupaten Maros.

Beberapa persyaratan bagi pendaftar, yaitu merupakan mahasiswa aktif di UMI berstatus maksimal semester empat, mendapat izin dari orang tua, dan bersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Petara nantinya.

Selain itu, untuk persyaratan administrasi, yakni dua lembar foto 3×4 berlatar merah, pengembalian formulir di Sanggar Bakti UKM Pramuka UMI, serta biaya pendaftaran Rp 80.000, sudah termasuk uang transportasi, konsumsi dan slayer.

Isnan juga mengungkapkan harapannya kedepan untuk para pendaftar atau calon anggota.

“Ketika resmi menjadi seorang anggota dapat turut aktif dalam melakukan suatu pola pembinaan, baik itu bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat sesuai dengan Tri Bina dalam gerakan pramuka. Juga pastinya mempersiapkan diri sebagai pemimpin masa depan bangsa,” ungkapnya.

Lebil lanjut, Isnan menambahkan, “Mengapa mahasiswa harus bergabung dalam gerakan pramuka karena gerakan pramuka merupakan wadah yang tepat untuk mengasah diri, meningkatkan soft skill untuk mempersiapkan diri sebagai pemimpin bangsa dengan dilandasi oleh pola pembinaan dalam gerakan pramuka serta mengemalkan kode kehormatan gerakan pramuka dalam kehidupan sehari-hari, dengan itu berjalanlah pembentukan karakter bagi diri untuk siap menjadi seorang pemimpin,” tambah Isnan.

Selaku  Ketua Dewan Racana, Rachmatullah turut mengharapkan agar para pendaftar kali ini dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Petara, sebagai bentuk tahapan proses yang dijalani dan nantinya ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat bagi gerakan pramuka, bangsa, negara, dan tentunya pribadi masing-masing.

“Kedepannya ketika calon anggota telah menjadi anggota UKM Pramuka UMI agar dapat senantiasa meningkatkan kualitas diri dengan mengikuti latihan dan kegiatan gerakan pramuka yang bersifat pembinaan bagi anggota gerakan pramuka, khususnya anggota UKM Pramuka UMI itu sendiri, yang nantinya dalam pembinaan tersebut menerapkan pola pembinaan untuk pengembangan karakter anggota dengan meningkatkan diri, membina satuan, dan peduli masyarakat,” pungkasnya.

Adapun tema yang diusung pada Petara kali ini “Menyiapkan Generasi Setia Organisasi yang Berjiwa CINTA(Cerdas, Inovatif, Nasionalis, Tangguh dan Aktif)”.

 

Editor : Chung

Related Posts

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: