Revisi UUK, Buruh akan Semakin Dirugikan

Makassar, cakrawalaide.com – Sejumlah mahasiswa, serikat buruh dan elemen masyarakat lainnya yang tergabung dalam Gerakan Rakyat untuk Buruh (Gerak Buruh) memadati ruas jalan Urip Sumoharjo menuju kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulsel untuk menyampaikan aspirasi menolak revisi Undang-Undang (UU) No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Upaya revisi UUK ini ditolak karena dianggap tidak merepresentasi kepentingan kelas pekerja (buruh), melainkan hanya menguntungkan pengusaha dan investor. Juga terkait dengan gagasan pasar kerja fleksibel yang akan mempermudah PHK, bahkan bagi karyawan tetap yang sudah lama bekerja dengan tanpa adanya pesangon.

“Jika revisi UUK versi Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) ini disepakati, maka buruh akan semakin dimiskinkan. Kata sejahtera akan semakin jauh dari buruh,” ujar Kusnadi selaku jendral lapangan aksi di pekarangan kantor DPRD Provinsi Sulsel, Jumat (16/08/2019).

Menurut Gerak Buruh, pemerintah juga akan menerapkan sistem relasi kerja atau hubungan industrial yang sangat fleksibel, dengan menghilangkan beberapa pasal dalam UU Ketenagakerjaan. Hal ini tidak lain sebagai upaya mengundang investor global.

“Kami khawatir nantinya akan lebih banyak tenaga kerja asing yang dipekerjakan di Indonesia. Selain itu, penambahan masa kerja buruh kontrak atau outsourcing menjadi 5 tahun yang sebelumnya hanya 3 tahun dan rentan ancaman PHK,” tukas Kusnadi.

Selain itu, menurutnya posisi buruh akan semakin dilemahkan, kekuatan buruh dan serikat-serikat yang ada di Indonesia tidak ada lagi.

“Tidak adanya kepastian hukum akan melemahkan kekuatan buruh dan serikat. Minat buruh untuk masuk serikat akan minim karena ketakutan putusnya sumber mata pencaharian, padahal dengan berserikatlah buruh akan kuat” tandasnya.

Aksi unjuk rasa ini merupakan aksi serentak di beberapa kota provinsi seluruh Indonesia, bertepatan dengan agenda sidang tahunan MPR yang dihadiri Jokowi.

Penulis : Cung
Red : Pade Salay

Related Posts

1 comment

  1. […] Baca juga: http://www.cakrawalaide.com/revisi-uuk-buruh-akan-semakin-dirugikan/ […]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.