Pameran Karya F8 dan Bingkai Kebudayaan

Penulis : A Muh Aidil Akbar

Makassar, Cakrawalaide.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dimensi Pecinta Fotografi Mahasiswa (Diafragma) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menyelenggarakan kegiatan pameran karya F8 yang merupakan agenda tahunan, dengan mengusung tema “Cultural Spaces,” di New Dafest Food Court JL. Parumpa Daya, Sabtu (18/09/2021).

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari 18-19 September 2021, mengambil konsep kebudayaan sesuai tema yang di atas. Cultural Spaces yang berarti praktik, representasi, ekspresi, pengetahuan, atau keterampilan, serta adat istiadat sampai benda-benda pusaka yang menyangkut persoalan sosial-budaya.

Selain menampilkan karya foto, kegiatan ini juga diisi dengan live musik, talk show, dan games. Dalam  menyukseskan Pameran F8, Diafragma bekerjasama dengan 2 UKM yakni Unit Pengembangan Kreatifitas Seni Budaya dan Sastra (UPKSBS) dan UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UMI. Serta bekerja sama dengan beberapa media partner seperti Cakrawalaide.com, Fajar Harian.com, Anak Umi, Suara Umi, Kabar Makassar, dan 55TV.

Raihan selaku ketua panitia Pameran Karya F8 mengungkapkan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian penerimaan anggota baru UKM Diafragma.

“Diadakannya pameran foto ini sebagai tindak lanjut untuk mengambil status keanggotaan muda, nah itu makanya ada pameran foto yang dimana ada akurasi fotonya juga didalam,” ungkapnya.

Terkait persiapan pelaksanaan kegiatan, kepanitiaan memerlukan waktu sekitar 4 bulan. Selama persiapan itu panitia mengalami beberapa kendala diantaranya persoalan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang berimbas sulitnya mendapatkan izin tempat dan juga soal tema yang akan diangkat dalam pameran.

Uga selaku ketua umum Diafragma, menuturkan harapannya bahwa kegiatan ini menjadi wadah belajar untuk anggota baru ketika melakukan kerja-kerja fotografi juga menjadi capaian para pengurus dalam mentransformasikan pengetahuan.

“Jadi inikan ditujukan kegiatan sekaligus bentuk kaderisasi juga untuk anggota muda, nah ini juga sebagai pengurus menjadi tolak ukur keberhasilannya dalam mengolah kadernya toh dan dilihat dari perkembangannya setelah menerima materi-materi dasar itu bisa diterapkan dalam bentuk fotografi berdasarkan dari gendrenya mereka yang mereka sukai entah itu dari gendrenya Human Interes ka atau street ka,” tuturnya.

Mukhti sebagai pembina juga mengatakan bahwa ia sangat mendukung dan berharap kedepannya kegiatan ini lebih besar lagi.

“Setelah ini saya berharap bahwa kegiatan-kegiatan ini bukan hanya sampai disini tapi ada bentuk kegiatan yang lebih spektakuler dari kegiatan ini,” jelasnya.

Kegiatan berlangsung dari jam 10.00 – 18.00 WITA, yang dihadiri pengunjung dari berbagai latar belakang usia. Salah satu pengunjung yang diwawancarai memberikan tanggapannya terkait pameran karya F8, mengatakan ini sebuah apresiasi yang sangat tinggi terhadap karya-karya seni terutama khususnya dibidang fotografi.

“Jadi semakin banyaknya orang yang senang akan memotret, senang akan mengabadikan momen. Itu adalah suatu kebangkitan bagi kita para pelaku fotografi. inilah regenerasi-regenerasi berikutnya yang kelak akan mungkin ada beberapa dari teman-teman sini yang akan bekerja di media juga nantinya,” tutup Ade Bandoe.

Redaktur : Nunuk Parwati Songki

Related Posts

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: