Omnibus Law Disahkan, Mahasiswa Makassar Tumpah Ruah ke Jalan

Penulis: Affif Syah

Makassar, Cakrawalaide.com – Gerakan Rakyat Makassar (GERAK Makassar) menggelar aksi penolakan terhadap pengesahan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja oleh DPR-RI. Massa yang terdiri dari elemen mahasiswa berbagai kampus ini melangsungkan aksi protes di Jl. Urip Sumoharjo, Selasa (6/10/2020).

Senin (5/10) Undang-Undang Cipta Kerja atau yang sering disebut Omnibus Law telah disahkan menjadi Undang-Undang oleh DPR-RI lewat sidang paripurna. Meskipun mendapat penolakan dari berbagai elemen masyarakat, DPR-RI bersama pemerintah tidak menggubris penolakan tersebut.

Anwar selaku jendral lapangan Gerak Makassar, menjelaskan bahwa DPR-RI tidak lagi mewakili kepentingan rakyat. Mandat rakyat diselewengkan oleh para anggota dewan di Senayan.

“Rakyat harusnya melihat bahwa DPR tidak lagi berpihak kepada kita. DPR telah berselingkuh dengan para pemodal yang menindas rakyat,” tegas Anwar.

Gerak Makassar menilai, UU Cipta Kerja akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi rakyat merupakan kebohongan besar dari pemerintah, sebab substansi dari Omnibus Law itu sendiri hanya untuk menarik investasi sefleksibel mungkin.

Yang terjadi ketika UU ini berlaku, maka jelas akan memberikan implikasi sangat buruk bagi kehidupan kaum buruh, tani, mahasiswa, dan seluruh rakyat Indonesia.

“Sebab sedari awal kita sampaikan bahwa omnibus law mempunyai hubungan kuat dengan kepentingan korporasi. Bahkan proses legalisasi UU ini sesungguhnya sangat tak demokratis,” lanjut jendlap.

Selain itu, masih menurut Gerak Makassar UU ini nantinya akan melanggengkan perampasan ruang hidup para petani, upah murah bagi buruh, dan akan memperlebar jurang kemiskinan. UU ini juga membuka kesempatan bagi pemerintah untuk menyerahkan seluruh kekayaan alam ke tangan korporasi.

“Dampak sangat luar biasa, maka dari itu kami mengajak kepada seluruh rakyat untuk menolak UU ini yang akan menjadi malapetaka besar bagi kita rakyat Indonesia,” tambahnya.

Selain di Jl. Urip Sumiharjo, massa Gerak Makassar sektor mahasiswa juga melangsungkan aksi protes di Jl. Sultan Alauddin. Kedua titik aksi ini lumpuh total akibat membludaknya massa yang turut protes.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: