Malam minggu, ASP Kembali Tolak Reklamasi

Aliansi Selamatkan Pesisir / Foto: Cappa

Aliansi Selamatkan Pesisir / Foto: Cappa

Makassar, Cakrawalaide.com – Malam minggu biasanya dihabiskan untuk beristirahat dirumah, jalan-jalan ketempat rekreasi, pusat perbelanjaan atau mungkin taman-taman kota. Bahkan banyak cara lain yang dilakukan untuk menikmati liburan akhir pekan setelah beraktifitas baik mereka yang bekerja, para pelajar dan mahasiswa yang disibukkan dengan kuliah. Liburan akhir pekan justru dimaknai lain oleh puluhan mahasiswa dan beberapa aktifis NGO dan CSO yang melakukan aksi kampanye di salah satu titik keramaian di kota Makassar, sabtu ( 3/04).

Beberapa bulan terakhir, gerakan tolak reklamasi terus berdenyut dan semakin menyebar dengan tempat, waktu dan metode yang berbeda-beda. Libur akhir pekan tak meliburkan semangat Aliansi selamatkan pesisir ( ASP ) untuk mengajak semua elemen masyarakat kota Makassar untuk menjadi bagian dalam gerakan bersama tolak Reklamasi kawasan pesisir Makassar. Aksi atau kampanye yang dilakukan kali ini agak berbeda dengan aksi yang dilakukan biasanya. Aliansi yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat,Mahasiswa, NGO, CSO, bahkan beberapa komunitas yang ada di Kota Makassar memilih untuk melakukan Kampanye penolakan reklamasi dilaksanakan di pantai Losari. Aksi kampanye tersebut untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa reklamasi adalah ancaman bagi masyarakat.

Aksi kampanye yang berlangsung kali ini cukup efektif dan banyak mengundang perhatian pengunjung. Para muda mudi yang berjalan bergerombol atau berdua dengan pacarnya, para orang tua yang juga menyertakan anaknya, mahasiswa, bahkan yang sudah lanjut usia pun menyempatkan membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan penolakan reklamasi. Tak hanya itu, Aliansi Selamatkan Pesisir juga membagikan selebaran kepada para pengunjung yang berisi alasan kenapa harus menolak reklamasi.

Tak sedikit masyarakat bertanya langsung kepada Mahasiswa yang berdiri atau duduk didekat spanduk Dan pataka yang berisi banyak tulisan yang berbeda-beda. Ilham salah satu pengunjung Losari, mengaku baru tahu bahwa kawasan pesisir Makassar akan di Reklamasi. Mahasiswa salah satu kampus swasta di Makassar Ini mengaku bahwa dari kampanye ini baru tahu bahwa akan terjadi reklamasi di Makassar. Petikan gitat akustik, lagu-lagu perjuangan, serta pembacaan puisi juga semakin memeriahkan kampanye yang berlangsung hingga pukul 22.15 Wita.

Penulis : Cappa
Red : Hutomo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.