Mahasiswa Pertanian Peringati Hari Tani Nasional dengan Menanam

Penulis : Muhajir

Makassar, Cakrawalaide.com.- Dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional, Ikatan Senat Mahasiswa Indonesia (ISMPI), Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia (POPMASEPI), dan Forum Komunikasi dan Kerjasama Himpunan Mahasiswa Agronomi Indonesia (FKK HIMAGRI) melakukan aksi gabungan dengan menanam 1.000 mangrove di Pantai Kurai Maros. Rabu, (24/9/21).

Ical, koordinator wilayah V ISMPI mengatakan hal ini selain untuk merayakan Hari Tani Nasional, juga menjadi wadah silaturahmi antar mahasiswa pertanian di Makassar.

“Penanaman mangrove ini sebagai aksi nyata di hari tani ke masyarakat Kurai, juga bagaimana membangun komunikasi dan hubungan yang baiklah antara fakultas pertanian agri, agro dan tataran BEMnya” tutur ical.

Selain itu, ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga untuk mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan serta mencegah terjadinya abrasi dan erosi.

Andini, salah satu perserta yang ikut dalam aksi tersebut mengungkapkan, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat.

“Kegiatan seperti ini baik dan perlu diadakan lagi, apalagi mengingat hari tani nasional yang dimana kita harus peduli akan kelestarian alam dan memberi manfaat untuk masyarakat di tanah air,” ungkap Andini.

Andini berharap masyarakat sekitar punya kesadaran juga untuk menjaga hutan mangrove.

“Mengingat hutan mangrove sebagai tempat habitat atau tempat hidup, berlindung, mencari makan, serta berkembang biaknya binatang laut. Apalagi masyarakat di sini berprofesi sebagai nelayan,” jelasnya.

Ical juga berharap dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa punya kesadaran untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian alam, salah satunya dengan menanam.

“Harapannya bagaimana kawan-kawan nanti yang sudah menginjakkan kaki di sini bisa lebih sadar terhadap sekitar. Bagaimana alam harus dijaga agar anak cucu kita nanti masih bisa melihat pohon mangrove misalnya,” tutup Ical.

Redaktur : Salsadilla Rahim

Related Posts

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: