Lembaga Mahasiswa FAI UMI Gelar Kongres

Penulis : Siti Marsita Wiwi

Makassar, Cakrawalaide.com – Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) membuka Kongres Mahasiswa FAI dengan tema “Menumbuhkan Kelembagaan KABAMAFAI Secara Profesional, Demokratis dan Bertanggung Jawab.” Kegiatan berlangsung di Gedung FAI UMI Lt.2. Selasa, (15/09/21).

Dibuka secara resmi oleh M. Nur Ihsan Nurdin selaku ketua panitia Komisi Pemilihan Mahasiswa (KPM). Dalam sambutannya, ia menjelaskan alasan mengapa kongres baru bisa terealisasi hari ini, dikarenakan terkendala oleh situasi pandemi Covid-19 dan izin dari pihak fakultas.

“Kongres baru diadakan karena dari pihak fakultas baru memberi waktu kepada kami, karena kemarin sempat ada pesantren kilat serta penyambutan maba dan kegiatan lainnya, jadi baru dapat waktunya sekarang dari pihak fakultas,” ungkapnya.

Selanjutnya Amir sebagai ketua BLM yang juga turut hadir dalam pembukaan tersebut mengatakan kongres baru diadakan karena selain terhalang oleh pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih sama-sama dirasakan, juga karena beberapa pengurus lembaga sementara sibuk mengurus persiapan penyelesaian akhir.

“Sebagian dari teman-teman sudah banyak yang sudah selesai termasuk saya dan ada beberapa anggota BLM. Karena memang konsekuensinya besar sebagai ketua, catatan besar tidak dapat menyelesaikan studi sebelum masa kepengurusan sebagai ketua,” tuturnya.

Lanjut, soal harapannya bagaimana realisasi kongres ini berjalan secara demokratis sehingga tidak ada penilaian secara subjektif. Untuk itu sangat diharapkan keterlibatan seluruh masyarakat KABAMAFAI agar mengawal jalannya Kongres sampai selesai.

“Partisipatif dari teman-teman KABAMAFAI sangat diharapkan untuk mengawal jalannya kongres sampai selesai, kemudian mensukseskan pemilihan. Selain itu, semoga kepengurusan baru nanti bisa menyesuaikan dengan situasi hari ini, memanfaatkan media sosial secara maksimal dalam rangka menjalankan program-programnya,” tambahnya.

Kegiatan dibuka tidak hanya secara Offline, tapi juga dibuka secara Online agar mengakomodir teman-teman yang tidak sedang berada di Makassar. Salah satu peserta yang hadir secara langsung mengatakan harapannya terhadap pelaksanaan kegiatan ini agar kepengurusan baru lebih baik.

“Semoga dengan kongres ini kita bisa ambil pelajaran semoga kepengurusan kedepan bisa lebih baik dari pada kepengurusan sekarang ini.” jelas Muh. Amin.

Dalam pelaksanaan kegiatan, kurang lebih 20 orang yang hadir secara langsung di ruangan dan 38 orang di ruangan zoom. Kegiatan ini juga akan berlangsung selama 5 hari yang dirangkaikan dengan pemilihan ketua HMJ, BEM dan BLM untuk periode kepengurusan yang baru yakni 2021/2022.

Editor : Nunuk Parwati Songki

 

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: