KSR PMI Unit UMI, Tumbuhkan Jiwa Kemanusiaan Mahasiswa Lewat Diklatsar XXI

Penulis : Hasan Solihin

Makassar, Cakrawalaide.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit Universitas Muslim Indonesia (UMI) menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) ke-XXI [21].

Diklatsar ini merupakan rangkaian kegiatan wajib diikuti bagi mereka yang memiliki jiwa sosial tinggi dan ingin mengabdikan diri dalam dunia kepalangmerahan. Selain itu, juga sebagai syarat utama untuk dapat bergabung sebagai anggota organisasi yang berkecimpung di dunia sosial kemanusiaan tersebut.

Untuk pendaftarannya sendiri, itu telah dibuka sejak 11 Desember 2019 hingga 17 Januari 2020, di Sekretariat KSR PMI unit UMI.

“Kita sudah buka sejak kemarin, dari tanggal 11 Desember sampai penutupan itu 17 Januari 2020,” ujar Abid selaku ketua panitia Diklatsar XXI.

Sejak dibukanya pendaftaran, menurut Abid, itu sudah ada ratusan calon anggota. Namun yang mengikuti tahap indoor dan telah melewati sesi wawancara, sampai saat ini berjumlah puluhan orang.

“Kalau yang mendaftar ambil formulir itu hari ada 124 orang, terus yang kembalikan itu 80 orang, ikut wawancara itu 76 orang. Sedangkan yang sekarang mengikuti materi indoor dalam kelas berjumlah 60 orang,” terang mahasiswa Fakultas Teknik UMI tersebut.

Selain itu, Abid juga menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan yang harus diikuti peserta. Mulai dari dijejali materi terkait kepalangmerahan dan diselingi latihan fisik sebagai persiapan untuk outdoor-nya nanti.

“Untuk indoor ini peserta mendapatkan materi-materi kelas khususnya tentang kepalangmerahan, diselingi dengan latihan fisik, dan setelah itu mereka akan turun di outdoor,” jelasnya.

Latihan fisik peserta Diklatsar XXI KSR PMI UMI. Foto : Muhammad Syukron

Sejak 20 Januari, rangkaian kegiatan Diklatsar XXI tahap pertama sudah dimulai. Para peserta diberi materi seperti tali temali, explore search and rescue (ESAR), dan vertical rescue, ini dilakukan di salah satu kelas Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Aula Fakultas Teknologi Industri UMI.

Nanti akan dilanjutkan ke tahap outdoor pada 3 sampai 9 Februari, di Dusun Sakeang, Desa Benteng Gajah, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros.

“Kalau untuk outdoor, biasanya kita lakukan simulasi bencana. Nah, di dalamnya itu kita gabungkan beberapa materi sekaligus,” tambah Abid.

Akbar, Selaku Ketua Umum KSR PMI UMI berharap, dengan diadakannya Diklatsar ini dapat menumbuhkan jiwa kemanusiaan antar sesama manusia.

“Selain kemampuan individu dan kerjasama tim para relawan, kami berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa kemanusiaan pada mahasiswa, terkhususnya mahasiswa UMI” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, selain mengasah skil individu serta kemampuan kerjasama tim, tak kalah penting mentalitas karakter peserta yang kuat.

“Persiapan ini diperlukan, apalagi ketika dalam menghadapi situasi bencana nantinya,” pungkasnya.

 

Editor : Chung

Related Posts

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: