SDGs Untuk Hidup yang Sehat

Ilustrasi save our earth save our life. /Sumber : Google.

Makassar, Cakrawalaide.com – Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan konsep pembangunan berkelanjutan skala global untuk tahun 2015-2030  yang disepakati saat perhelatan sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 25 Septempber 2015 di New York, Amerika Serikat untuk  menggantikan tujuan pembangunan Milennium (MDGs) yang sebelumnya berakhir tahun 2015.

Dalam acara Seminar Nasional Kesehatan Lingkungan yang diselenggarakan oleh Himpunan Kesehatan Masyarakat (HIMAKESMAS) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) dengan tema Peran Kesehatan Lingkungan Dalam Membangun Masyarakat Hidup Sehat untuk Mencapai Sasaran Pembangunan Berkelanjutan SDGs 2030, bertempat di Audotorium Al-Jibra UMI, Sabtu (22/04).

Hadir sebagai narasumber pertama, Dr. Muhammad Ikhtkiar, S.,KM,. M.Kes, selaku Sekretaris IAKMI Sul-Sel dan Wakil Dekan I FKM UMI berbicara mengenai konsep membangun hidup sehat dalam mencapai sasaran SDGs 2030.

Dalam penyampaiannya untuk mencapai sasaran pembangunan berkelanjutan SDGs 2030, hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan merubah mindset atau pola pikir masyarakat, sehingga masyarakat mampu memberdayakan dirinya sendiri khususnya dalam segi kesehatan.

Lanjutnya yang dimaksud dengan sehat yaitu masyarakat mampu beraktivitas secara produktif, “Setelah mindset masyarakat sudah berubah diharapkan akan mampu mencipta dan memproduksi kesehatannya secara mandiri,” ujar Muhammad Ikhtkiar.

ia juga menambahkan bahwa Ini tak bisa terlepas dari peran kerjasama semua stackholder dan peran mahasiswa kesehatan dalam memberdayakan pola pikir kesehatan masyarakat, inilah yang menjadi konsep dasar membangun hidup sehat.

Kemudian jelasnya, salah satu target SDGs yaitu tidak ada lagi kaum yang kelaparan. Diharapkan tahun 2030 akses pangan sudah tercukupi tetapi yang menjadi hambatan adalah kualitas pangan karna masih banyak menggunakan bahan-bahan kimia beracun. Poin kedua, yaitu sistem kesehatan yang baik, “Dimulai dari kesehatan lingkungan agar terputus mata rantai penyakit dengan instrumen sistem kesehatan nasional menjamin kehidupan sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua,” jelasnya. Selanjutnya targetan SDGs 2030 adalah kesetaraan gender dengan memberikan akses kesehatan produksi, KB dan menjamin keseteraan gender serta hak-hak perempuan. Kemudian poin terakhir yaitu masalah sanitasi dan air bersih.

Dalam penyampaian terakhirnya, diharapkan ada output setelah perhelatan acara seminar nasional ini dengan melakukan riset-riset, khususnya yang berkaitan dengan persoalan kesehatan lingkungan.

Penulis : Rio

Editor  : Pade

Related Posts

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.