Kawal Proses Peradilan, Aliansi Bara-baraya Kembali Gelar Aksi

Penulis: Ulvi

Makassar, Cakrawalaide.com – Aliansi Bara-baraya Bersatu gelar Aksi demonstrasi kawal proses peradilan sengketa tanah Warga Bara-baraya, aksi berlangsung didepan Pengadilan Tinggi Makassar, Jln. Urip Sumoharjo KM 4. Kamis, (08/04/21).

Datu selaku koordinator Aksi mengungkapkan aksi tersebut digelar untuk mengawal serta mengkampanyekan kepada publik bahwa sampai saat ini Mafia Tanah atau pihak penggugat tidak mampu menunjukkan fakta-fakta hukum.

“Kami menduga bahwa adanya oknum yang masuk angin pada proses peradilan karena pihak penggugat tidak mampu menunjukkan fakta hukum makanya kami terus mengkampanyekan bahwa putusan itu harus berpihak pada rakyat” ungkapnya.

Eta salah satu warga Bara-barayya menuturkan, Pengadilan Tinggi tidak memberikan kejelasan terkait kasus tersebut karena gugatan pertama warga Bara-barayya dinyatakan menang, namun pada gugatan kedua dinyatakan kalah.

“Padahal banyak bukti yang lebih kuat dari gugatan yang pertama, makanya warga datang kembali ke pengadilan tinggi ini untuk menyatakan sikap serta mengkampanyekan keadaaan bara-barayya yang tidak nyaman dan hampir 4 tahun ini kami terus diresahkan” tuturnya.

Eta juga mengungkapkan berbagai upaya yang telah dilakukan warga setempat untuk menghentikan kasus sengketa tanah tersebut mulai dari mengkampanyekan kepada publik hingga mengurus surat ukur di Badan pertanahan Nasional Kota Makassar.

“kami telah mendatangi kantor kecamatan untuk meminta pernyataan terkait Akta Jual Beli yang dinyatakan abal-abal oleh pengadilan padahal itu dikeluarkan langsung oleh kecamatan, upaya selanjutnya yaitu kami mendatangi Badan Pertanahan Nasional untuk membuktikan bahwa surat ukur yang kami miliki itu sah di Badan pertanahan” ungkapnya.

Eta berharap putusan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung (MA) berpihak pada warga Bara-baraya.

“Harapan kami putusan yang tengah bergulir di Mahkamah Agung setidaknya berpihak pada warga Bara-baraya hanya itu” Tutupnya

Editor: April

Related Posts

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: