Cegah Pasien Bertambah, Tim Covid-19 RSUD Batara Siang Pangkep Lakukan Long march

Penulis: Muhammad Raihan

CakrawalaIde.com – Tim Covid-19 dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batara Siang Pangkep melakukan longmarch dari rumah sakit menuju Pasar Sentral Kabupaten Pangkep, Sabtu (23/05).

Terlihat mereka mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap level 3, serta membawa poster yang bertuliskan “jika Indonesia terserah, maka Pangkep jangan menyerah”.

Spanduk berukuran 4×5 juga dibentangkan oleh tim medis, berisi “cukuplah 19 orang saja, jangan menjadi korban Covid-19 berikutnya”. Pesan ini ditujukan kepada siapapun yang masih tidak peduli dengan protokol physical distancing sebagai upaya pencegahan penyebaran virus.

Menurut dr.H.Ahmad Annas menjelaskan, sasaran dari sosialisasi, yakni kawasan pasar sekitar, dimana sangat jelas tidak ada protokol kesehatan yang diterapkan terlebih pada momentum persiapan hari raya idul fitri yang padat akan pengunjung.

Kami turun melakukan sosialisasi dan himbauan untuk menyampaikan bahaya apabila tidak mengikuti upaya-upaya protokol pencegahan penularan ini, terutama di Kabupaten Pangkep,” tutur Jubir Tim Gugus Covid-19 Pangkep.

Dia juga menambahkan bahwa pasar adalah salah satu tempat beresiko penularan Covid-19.

Kita tahu pasar adalah merupakan tempat yang beresiko terjadinya penularan penyakit covid19, sehingga kami turun ke pasar menyampaikan himbauan, sosialisasi, dan arahan-arahan guna mencegah tertularnya penyakit yang menyerang manusia,” tambahnya.

Menanggapi aksi ini, salah satu pedagang mengungkapkan bahwa dia harus melanggar protokol dikarenakan demi menghidupi kesehariannya bersama keluarga.

Maumi diapa? Banyak kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi, kalau tinggal di rumah juga tidak menghasilka apa-apa dan saya sendiri juga belum dapat bantuan dari pemerintah setempat,” ungkap penjual ikan yang enggan disebutkan namanya.

Adanya sosialisasi ini disebabkan karena tim medis yang menangani pasien Covid-19 merasa jenuh, yang makin hari makin meningkat.

“Kami merasa jenuh akan bertambahnya pasien, cukuplah pangkep hanya menangani 19 kasus jangan menambah kasus berikutnya. Dengan cara kita tetap physical distancing di tempat umum terutama di pasar,” tutup petugas layanan hotline RS Batara Siang itu.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: