Penghormatan Untuk Korban Amarah, AM UMI Letakan Almamater di Kuburan

Makassar, Cakrawalaide.com – Ratusan mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) turun kejalan. Mereka memperingati tewasnya 3 rekan mereka 23 tahun silam, tepatnya 24 April 1996 atau dikenal dengan peristiwa April Makassar Berdarah (AMARAH).

Peringatan AMARAH dilakukan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa UMI diawali shalat ghaib kemudian longmarch.  Mereka berjalan kaki dari kampus UMI, di Jl. Urip Sumoharjo, menuju Taman Makam Pahlawan, Panaikang.

Di pemakaman tersebut para mahasiswa berziarah untuk memanjatkan doa bersama untuk salah satu korban tragedi itu dan meletakkan almamater di atas batu nisan, atasnama Tasrif.  Rabu (24/04/2019)

Dalam proses berlangsungnya, doa bersama dilakukan secara khusyu dan seksama oleh para mahasiswa diawali menaruh almamater UMI di atas batu nisan sang pejuang.

Mengenai hal tersebut, Humas Aliansi Mahasiswa UMI menjelaskan

“Peletakkan almamater UMI merupakan bentuk solidaritas dan penghormatan kami kepada salah satu korban AMARAH (Tasrif),” jelas Shim.

Lebih jauh, ia menambahkan bahwa sekalipun 23 tahun telah berlalu namun secara historis perjuangan mereka yang gugur tetap melekat.

“Ikatan historis yang melekat pada diri mahasiswa takkan pernah pudar dan akan terus beregenerasi,” ujarnya.

Amarah merupakan peristiwa bersejarah yang memantik gerakan solidaritas mahasiswa di beberapa kota di Indonesia. Waktu itu mereka yang bertameng dan berpakaian loreng, menewaskan 3 rekan mahasiswa UMI  yang bermula dari aksi para mahasiswa menuntut kebijakan kenaikan tarif angkutan umum. Dan AMARAH sampai saat ini dikenal sebagai pemantik reformasi dari tanah Makassar.

Dua korban lainnya, yakni Andi Sultan Iskandar yang meregang nyawa akibat tusukan benda tajam, jenazahnya dikebumikan di Pemakaman Dadi, Makassar. Sedangkan Jenazah Saiful Bya yang ditemukan di Sungai Pampang, kemudian diterbangkan ke Gorontalo untuk dimakamkan di kampung halamannya.

Penulis : Algi

Red : Cung

Related Posts

Tinggalkan Balasan