Melalui Progresif, Ketua Panitia Harapkan Perubahan Paradigma Persaudaraan

Makassar, cakrawalaide.com – Hari Ke-II Kegiatan Progresif Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Auditorium Al-Jibra, kampus II, Sabtu (05/01/19).

Menurut ketua panitia mengubah paradigma mahasiswa tentang rasa persaudaraan satu sama lain, sesuai dengan tema yang diusung, “Membentuk Rasa Solidaritas dan Mempererat Ukhuwah Islamiyah, Menuju KABAMAFAI yang Progresif dan Berintelektual”.

Dalam perubahan paradigma ini, peserta dituntut untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus khususnya fakultas yang jelas-jelas menuntut mahasiswa untuk mandiri, bertanggung jawab, kreatif, serta tetap tidak meninggalkan sikap intelektual. Hal tersebut dapat dilihat dari materi yang dibawakan oleh narasumber.

Salah satu pemateri mengungkapkan, bahwa untuk menghasilkan mahasiswa yang berintelektual islami maka dibutuhkan suatu konsep yang terarah.

“Dibutuhkan suatu konsep yang terarah dengan mekanisme kontrol yang jelas serta adanya proses bertanggujawab dari mahasiswa itu sendiri, sehingga tercipta mahasiswa yang tidak hanya berwawasan ilmu tapi juga berakhlakul karimah,” Tutur pembawa materi pertama yang sekaligus Dekan FAI UMI.

Tidak kalah menarik dari pemateri pertama, pemateri ke-III yaitu mantan ketua UKM UPPM-UMI, yang membawakan materi tentang peran mahasiswa juga,

Menyinggung bagaimana mahasiswa harus ikut adil tidak hanya dalam dunia kampus, tapi juga diluar kampus.

“Mahasiswa merupakan agen of change dimana perubahan paling besar bisa terjadi karena gerakan mahasiswa,” tutup pembawa materi yang biasa disapa parle.

Materi problem solving menutup kegiatan progresif hari ke-II, pemateri mengungkap dalam menyelesaikan masalah harus sesuai langkah-langkah atau prosedur yang sesuai, agar tidak menimbulkan masalah baru.

Penulis : Nunuksongki

Red : Shim

Related Posts

Tinggalkan Balasan