Mapaba Ciptakan Kader PMII Progres dan Kritis

Makassar, Cakrawalaide.com – Adakan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba), Syamsuddin, ketua rayon persiapan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UMI berharap dapat melahirkan kader yang progres dan kritis sesuai tema yang diangkat, “Menciptakan Generasi PMII yang Progres dan Bernalar Kritis.”

“Jadi selaku ketua rayon, saya berharap kegiatan Mapaba kami ini bisa melahirkan kader yang progres serta bernalar kritis dengan tidak melupakan landasan PMII yaitu Aswaja,” kata Syamsuddin kepada cakrawalaide.com di Pondok Daeng Sirua, Tanjung Bayang, Sabtu (04/05/2019).

Menurut Cunding (sapaan akrab), mahasiswa memang harus berpikir yang lebih maju dan mampu menganalisis.

“Karena mahasiswa memang sudah seharusnya kritis dan progres,” jelas Cunding.

Mapaba ini juga, kata Cunding, sebagai tanda keseriusan mereka dalam ber-PMII.

“Mapaba ini juga merupakan bentuk keseriusan kami dalam berorganisasi dan berproses dalam organisasi PMII ini,” tutupnya.

Syahrul, salah satu peserta Mapaba berkata setelah ikut Mapaba ia mendapatkan pengetahuan tentang Aswaja yang sudah lama ingin dipelajarinya.

“Alhamdulillah seperti yang saya cari, yaitu belajar ahlul sunnah waljamaah atau disingkat dengan aswaja,” ungkap Syahrul.

Peserta dari jurusan Ilmu Kelautan angkatan 2018 ini juga mengungkapkan ketertarikannya masuk PMII karena ia tertarik dengan pergerakan.

“PMII ini juga salah satu organ bergerak [pergerakan] dan saya memang suka organ yang bergerak, bukan hanya teori dan teori tanpa ada pergerakan,” tegasnya.

Hal berbeda disampaikan Fira, bahwa saat ikut Mapaba ini ia pelajari tentang iman, islam dan ihsan. “Tujuan saya masuk disini [PMII] saya ingin menambahkan wawasan saya tentang apa saja itu iman, Islam dan ihsan,” tutur Fira yang juga seangkatan dengan Syahrul.

Mapaba perdana yang diagendakan selama tiga hari ini merupakan salah satu prasyarat menuju rayon defenitif. Diketahui Rayon PMII FPIK masih merupakan Rayon persiapan.

Penulis : Izhan Ide
Red : Pade Salay

Related Posts

Tinggalkan Balasan